WHAT'S NEW

WHAT'S NEW

REVITALISASI RAMBU LALU LINTAS

 

File Download

Pengelola Kawasan Bintaro Jaya (PKB) akan melakukan revitalisasi rambu-rambu lalu lintas di seluruh kawasan hunian. Ini dilakukan untuk meningkatkan ketertiban serta kenyamanan para pengendara dan pejalan kaki.

BINTARO JAYA kini telah menjelma menjadi sebuah kawasan hunian berskala kota dengan jumlah warga yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan populasi di kawasan hunian Bintaro Jaya dan perumahan perumahan di sekitarnya, juga dibarengi dengan bertambahnya jumlah kendaraan yang lalu-lalang di jalan-jalan utama kawasan. Terutama di Boulevard Bintaro Jaya, semakin hari semakin ramai oleh kendaraan, baik roda dua maupun empat.

Pengelola Kawasan Bintaro Jaya merasa perlu melakukan revitalisasi rambu-rambu lalu lintas di seluruh kawasan demi kenyamanan dan ketertiban para pengendara. PKB bekerja sama dengan konsultan PT Wahana Trans Utama dalam melakukan studi lalu lintas.

Hasilnya, perlu penambahan ramburambu dan rekayasa lalu lintas di jalan-jalan utama kawasan. Mulai dari marka jalan, rambu-rambu larangan dan himbauan, petunjuk kecepatan dan jalur, U-turn, hingga jembatan penyeberangan orang dan zebra cross. Penambahan ramburambu penunjuk jalan (RPPJ) akan dibuat dalam bentuk rambu satu tiang untuk meminimalisir banyaknya rambu-rambu lalu lintas.

Boulevard Bintaro Jaya

Revitalisasi tersebut akan dilakukan secara bertahap. Terutama, Boulevard Bintaro Jaya, mulai dari akses keluar tol hingga Distrik Discovery Bintaro. Salah satunya, membuat trafic light di perempatan Distrik Kebayoran Residences, mengingat arus lalu lintas di sekitar area tersebut semakin ramai oleh lalu-lalang kendaraan.

PKB juga akan menutup secara permanen persimpangan di Distrik Discovery dan Giant Hypermart. Sebagai gantinya, membuat U-turn ?terlindungi? yang baru, untuk memperlancar arus lalu lintas. Di titik-titik tertentu juga akan dibuat zebra cross. ?Revitalisasi akan mulai dilakukan pada bulan Oktober 2015,? ujar Winarso Yuwono, Manajer Humas dan Keamanan Bintaro Jaya.

Selain itu, PKB juga akan membangun halte-halte baru untuk moda transportasi internal, Intrans Bintaro Jaya. Di sepanjang boulevard, rencananya akan dibangun delapan halte baru di kedua sisi jalan utama tersebut. Mock-up halte seperti yang ada di depan Driving Range, Distrik Discovery Bintaro.

Setelah di Boulevard Bintaro Jaya, revitalisasi rambu-rambu lalu lintas akan dilakukan di seluruh kawasan. Mulai dari Sektor 1 hingga 9. Terutama di area Plaza Bintaro Jaya, mengingat di sekitar area tersebut kini telah diberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah.

?Kami harap, revitalisasi ramburambu lalu lintas ini dapat meningkatkan kenyamanan dan ketertiban bagi warga Bintaro Jaya, baik para pengendara maupun pejalan kaki,? pungkas Winarso